Langsung ke konten utama

Kelahiran (part 2) : Tidak disangka, Hari itu Tiba



(Hari Selasa, Pukul 23.30)

"Kita beneran mau berangkat ketempat bu Iin?" tanya saya pada suami yang terlihat pada air muka nya terisi dengan sirat bahagia. Dia baru saja berganti baju, bersiap mengenakan topi dan sweater nya.

Malam itu, kita bersiap ingin berangkat ke klinik bidan dimana kita memutuskan untuk melahirkan disana. Perasaan saya yakin gak yakin. Saya masih mikir ini cuma kontraksi palsu. Dan saya belum ingin melahirkan.

"Aku belum terlalu yakin. Takutnya malah disuru pulang lagi" kata saya ketika itu.
"Coba kita tunggu sebentar lagi ya, kita liat kontraksinya" kata suami.

5 menit, 4 menit, kontraksi datang. Ternyata ini yang namanya kontraksi. Rahim mengeras, rasanya kayak sedang memeras sesuatu. Rahim sedang bekerja, membantu bayi untuk lahir.

Akhirnya saya memutuskan untuk pergi. Aplikasi kontraksi sudah berkali-kali memberi peringatan untuk saya pergi menghubungi provider atau datang ketempat provider.

Saya bersiap mengisi ransel, berganti baju. Dan, iya. Kita berangkat ditemani bapak, & ibu saya juga.

Ketika itu, kontraksi masih ringan (karena saya sudah merasakan serangkaian penuh kontraksi jadi saya bisa menilai kala itu kontraksinya masih terasa ringan). Saya masih santai ngobrol-ngobrol, bahkan masih senyum-senyum. Senang ingin segera bertemu bayi ini.

***

(Hari Senin, setelah pulang kontrol mingguan di klinik bidan Iin)

Malam itu setelah pulang kontrol di klinik bidan Iin, saya tidak bisa tidur, saya merasa badan saya pegal-pegal tidak seperti biasanya. Punggung pegal rasanya. Bahu juga. Malam itu tidur agak malam.

(Selasa Pagi)

Biasanya setiap pagi saya jalan pagi. Tapi pagi itu hujan. Dan saya akhirnya tidur lagi 😂. Badan rasanya capek banget, akhirnya tidur lagi. Bangun sekitar jam 8 pagi. Mandi kemudian sarapan. Waktu itu saya masih nyetrika baju. Gak sampai selesai semua baju saya setrika. Pegal sekali rasanya duduk lama dilantai. Akhirnya saya rebahan. Setelah makan siang, saya tidur siang. Saat itu kontraksi palsu yang sebelumnya berasa kayak mau BAB, mulai berubah rasanya kayak keram haid gitu. Waktu itu saya bilang ke suami, "perut aku kontraksinya udah mulai berasa nyeri-nyeri".

Bangun jam 4 sore kemudian mandi dan solat ashar. Saya memang berniat untuk pergi jalan kaki. Dari rute yang biasanya saya gak bisa full jalan cepat. Kontraksi rahim makin mulai berasa. Akhirnya di pertengahan jalan pulang, jalan kakinya leyeh-leyeh. Gakuat jalan cepat karena kontraksinya makin berasa. Panggul makin pegel rasanya.

Makan malam jam 8 malam. Masih bisa makan seperti biasa. Kontraksi masih berjalan. Agak nyeri dikit kayak nyeri haid tapi saya masih nyantai. Ohya, saya udah pasang aplikasi kontraksi dari siang.

Waktu siang interval kontraksi masih setiap 7 menit, 8 menit. Setelah makan malam, interval kontraksi makin rapet dan mulas makin berasa.

Kita belum kabarin ke orang tua. Waktu itu, hanya suami saya yang tau saya sudah mulai kontraksi. Perasaan saya benar-benar gak nyangka. Mau ketemu anak saya yang udah saya tunggu-tunggu. Suami saya terlihat girang dan senang, anaknya mau lahir. Tapi masih menunggu, mencoba untuk tidur. Tapi mulai gabisa tidur.

"Kita tunggu sampe jam 12 ya kalo aplikasinya nyuruh kamu berangkat, kita berangkat" kata suami.

Aplikasi kontraksi sudah berkali-kali meminta saya untuk berangkat ke provider. Namun saya masih merasa gak yakin. Belum ada flek, dan masih ngerasa 'ah belum ah'.
Akhirnya saya mengabari bu Iin. Bu Iin merespon cepat padahal udah tengah malam. Beliau bilang, boleg datang ke klinik kalau sudah tiap 5 menit sekali.
Dan akhirnya saya menuruti keputusan suami untuk pergi.

Sekitar pukul 12 malam, saya, suami, ibu dan bapak saya bersiap pergi ke klinik ibu bidan.
Sekitar pukul setengah satu malam sampai diklinik ibu Iin. Disambut para bidan jaga. Saya ditensi dan diperiksa.

Gak dikasih tau bukaan berapa. Tapi udah ada bukaan. Saya diminta untuk main gymball. Ketika itu saya iseng ngintip kertas catatan observasi saya. Ternyata masih bukaan satu. Saya gak tega orang tua saya menunggu dan suami saya yang kurang tidur. Saya minta buat pulang aja kerumah, sebenarnya tujuannya supaya semua bisa istirahat sebentar. Supaya suami saya bisa tidur sebentar dirumah.

Akhirnya, kita pulang, dan sampai rumah kira-kira pukul setengah 3 pagi. Suami saya yang keliatan ngantuk dan capek banget akhirnya tidur dengan lelapnya. Saya gimana?
Saya sama sekali gabisa tidur. Kontraksinya makin kuat, saya udah gabisa tiduran. Kalau tiduran rasanya panggul, paha, kaki, badan semuanya nyeri, hehe.
Akhirnya semaleman suntuk saya jalan-jalan aja. Akhirnya keluar juga flek. "Hah ini fixed aku mau lahiran ya Allah".
Saat subuh saya sengaja gak langsung bangunin suami. Kasian dia masih lelap. Saya tunggu sampai pukul setengah 6. Baru saya bangunkan. Saya juga udah masak air panas buat mandi. Saya niat mau mandi dan keramas dulu niatnya biar lebih seger dan semangat. Selesai mandi, saya langsung bersiap, udah makin kenceng kontraksinya.

Sampai sana sekitar pukul 6.
Kali ini bu Iin yang memeriksa dalam saya. Saat diperiksa bukaan 3 katanya.
Kemudian saya dipandu untuk squat dan main gymball.
Saat itu saya ikuti. Tapi jujur, gerakan squat dan duduk diatas gymball gak nyaman bagi tubuh saya. Ketika ditinggal bu Iin keluar ruangan saya gak lanjutkan. Saya lebih memilih untuk berdiri dan menggerakkan kaki 'kanan, kiri, kanan, kiri' sambil berpegangan dengan suami, seperti orang berdansa. Saat itu, saya pikir hanya itu yang nyaman saya lakukan.

Saya sampai lelah sekali rasanya berdiri.

Saya tau saya harus atur nafas dan tetap tenang. Segala yang saya pelajari selama hamil, dan segala yang sudah saya cari tau selama hamil. Gak ada yang bisa saya praktikkan. Hehe.

Nafas pun saya berantakan.

Hingga tiba pada saat saya mengeluh, "aku gak kuat, ini nyeri banget, aku ga kuat"

Tapi bidan-bidan di bu Iin sabar-sabar dan tetap menyemangati, "bisa bu, ibu bisa, ibu kuat" ucap salah satu tim bidan.

Saat itu ibu Iin juga menguatkan, "kalau lahir normal memang itu yang dicari, kontraksinya, kalau kontraksi nya makin kuat berarti bagus bu, pembukaannya makin cepet nanti" jelas bu Iin.

Saya berusaha menguatkan diri. Saat itu saya udah gak tidur semaleman. Badan saya lelah dan ngantuk banget rasanya.

Saya akhirnya menyerah ditempat tidur.
Makan gak bisa, minum gak bisa. Perut rasanya mual dan saya gak bisa makan sambil ngerasain kontraksi yang tiap detik makin kuat.

Sekitar pukul 10 pagi, saya bilang ingin mengedan. Supaya di cek lagi. Sebenarnya belum pengen ngeden amat. Tapi supaya dicek lagi Udah bukaan berapa. Karena benar-benar rasanya pengen cepet-cepet menyudahi semua itu. Tim bidan datang dan mengecek dalam lagi. Bukaan masih 3 menuju 4. Sempet setress, dan nanya "kok lama ya, ini udah makin nyeri".

Sebenarnya saya tau, gaada yang bisa dilakukan selain saya sabar dan mengatur nafas. Saya tau, yang harus kita semua lakulan saat itu ya menunggu bukaan lengkap. Tapi saat itu saya seperti orang bodoh yang gatau apa-apa. Jadi kayak anak kecil yang nyebelin. Untungnya saya gak salah milih provider tempat saya ingin melahirkan. Saya disana diperlakukan dengan baik dan gak malah diomelin sama bidan-bidannya. Hiks.

Pukul 11 lewat, bu Iin datang lagi, saya bilang saya udah mau mengedan. Beliau cek lagi, padahal belum lama di cek dalam. Dan ketika beliau cek, ternyata bukaan udah lengkap. MasyaAllah. Bahagia banget dengernya. Tapi masih ada badnewsnya.
"Tapi ini kepalanya masih tinggi banget, ibunya jongkok deh ya biar kepalanya cepet turun. Ini ketubannya juga belum pecah kok" jelas bu Iin.
"Saya udah boleh ngeden bu?" Tanya saya
"Boleh sih tapi kepalanya masih tinggi banget, mendingan jangan ngeden dulu ya nanti ibu nya capek" jawab bu Iin.

Saya dipandu untuk posisi jongkok dan merangkak. Tapi semua posisi itu gak nyaman bagi tubuh saya. Beneran gak nyaman.
Ketika saya dalam posisi merangkak. Saya mulai refleks mengedan, kali ini beneran pengen ngeden dan saya malah buang air kecil saat itu diatas ranjang melahirkan. Berkali-kali saya buang air kecil yg refleks keluar begitu aja. Tapi sekali lagi untungnya pelayanan tim bidan Iin itu terbaik. Jadinya saya gak punya cerita diomelin bidannya, dll. Hiks. Padahal saya udah yang menyebalkan sekali waktu itu. Memang sih saya kurang memberdayakan diri. Saya kurang yoga, kurang belajar napas. Hiks

Setelah itu karena posisi-posisi itu gak nyaman buat saya. Jadilah saya tiduran aja. Kontraksi rasanya makin nikmat. Dan rasanya udah refleks mengedan. Setiap kontraksi datang saya refleks ngeden. Hah. Capek. Tapi saya beneran gabisa kontrol buat gak ngeden. Saya gak bisa napas sama sekali. Hingga akhirnya tibalah bayi saya berada didepan pintu vagina. Saya bisa merasakan sesuatu mengganjal vagina saya. Benar saja itu kepala bayi.

Saya mengedan, mengedan, sekuat tenaga. Tapi ternyata susah, kepala bayi belum juga lahir, hampir setengah jam. Kepala bayi masih ada di vagina saya. Kontraksi mulai berkurang intervalnya. Akhirnya para tim bidan membantu mendorong perut saya. Setelah beberapa kali dorongan. Akhirnya lahir juga bayi saya...

-Next-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cyclo Progynova #part1

Ehem, kali ini saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya mengonsumsi Cyclo Progynova. Saya memiliki masalah dengan hormon. Secara fisik, badan saya tidak ideal memang, tinggi saya sekitar 160cm dan berat badan 42kg. Saya sangat tau bahwa berat badan saya tidak ideal, bisa dibilang sangat kurang. Tapi apalah dikata, saya memang sulit untuk gemuk. Hehe. Saya memiliki masalah dengan siklus haid. Sejak saya sekolah, haid saya sudah tidak teratur. Kadang lancar, kadang engga. Bulan ini haid lancar, bulan depan saya bisa enggak dapat haid. Atau saya pernah mengalami darah Istihadah. Selama sebulan full saya mendapati pendarahan serupa haid, dan hal tersebut sangat meresahkan. Saya galau sekali memikirkan hukum suci saya. Memang sih, kalau lebih dari 15 hari masih ada darah. Saya dikatakan wajib beribadah dan hukumnya sama seperti saya ketika suci. Tapi bagian paling merepotkan adalah ketika saya harus memastikan bahwa saya 'bersih' dan saya harus bersih-bersih sebel

Cyclo Progynova #part2

Yak... Ini lanjutan review yang pernah aku buat tahun lalu, yaitu mengenai Cyclo Progynova. Aku memang sengaja tidak ingin menulis kelanjutannya, tapi karena ada beberapa teman yang menghubungiku untuk menanyakan lanjutan ceritanya, maka baiklah, aku akan melanjutkannya. Well, sebenarnya aku memang malas melanjutkan untuk menulis cerita tentang ini, karena aku mengalami sedikit kekecewaan, aku malah takut orang lain yang membacanya malah ikutan kecewa, wkwk. Padahal kan pengalaman kita bisa berbeda. Jadi sebenarnya aku tidak mengonsumsinya sampai 3 blister. Aku berhenti ketika blister kedua habis, dan ternyata hal tersebut berdampak kurang baik. Aku mengalami flek-flek tidak menentu kadang ada, kadang tidak ada, dengan kurun waktu yang tidak bisa ditebak, seminggu ada, seminggu hilang, dan hal tersebut berlangsung selama sekitar satu semester alias 4 bulan, kira-kira selama aku semester 7. Jadi, aku selesai mengonsumsi blister kedua itu tepat saat setelah liburan lebaran

Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah

(essay ini saya tulis dalam memenuhi tugas mata kuliah Politik Islam) Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah ( Irma Ayu Sawitri – 1113015000092 – irma.ayus13@mhs.uinjkt.ac.id ) Syura             Kata syura memiliki pengertian yang sangat beragam. Sesungguhnya istilah syura berasal dari kata sy-wa-ra, syawir yang berarti berkonsultasi, menasehati, memberi isyarat, petunjuk dan nasehat. Pendapat yang lain mengatakan pula bahwa syura memiiki kata kerja syawara-yusyawiru  yang berarti menjelaskan, menyatakan atau mengajukan untuk mengambil sesuatu. Menurut Imam Syahid Hasan al-Banna Syura adalah suatu proses dalam mencari sebuah keputusan atau kesepakatan yang berdasarkan pada suara terbanyak dan berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan hendaklah setiap urusan itu diserahkan kepada para ahlinya demi mewujudkan suatu hasil yang maksimal dalam rangka menjaga stabilitas antara pemimpin dengan rakyat. [1]             Secara istilah penggunaan kata   syura menga