Langsung ke konten utama

Cyclo Progynova #part1




Ehem, kali ini saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya mengonsumsi Cyclo Progynova.
Saya memiliki masalah dengan hormon. Secara fisik, badan saya tidak ideal memang, tinggi saya sekitar 160cm dan berat badan 42kg. Saya sangat tau bahwa berat badan saya tidak ideal, bisa dibilang sangat kurang. Tapi apalah dikata, saya memang sulit untuk gemuk. Hehe.
Saya memiliki masalah dengan siklus haid. Sejak saya sekolah, haid saya sudah tidak teratur. Kadang lancar, kadang engga. Bulan ini haid lancar, bulan depan saya bisa enggak dapat haid. Atau saya pernah mengalami darah Istihadah. Selama sebulan full saya mendapati pendarahan serupa haid, dan hal tersebut sangat meresahkan. Saya galau sekali memikirkan hukum suci saya. Memang sih, kalau lebih dari 15 hari masih ada darah. Saya dikatakan wajib beribadah dan hukumnya sama seperti saya ketika suci. Tapi bagian paling merepotkan adalah ketika saya harus memastikan bahwa saya 'bersih' dan saya harus bersih-bersih sebelum solat, hal tersebut sangat tidak praktis, dan merepotkan sekali deh bagi saya.
Sampai saya kuliah, dan berusia 21 tahun. Haid saya makin kacau. Iyya, hanya flek-flek gak jelas dengan kurun waktu yang panjang. Lagi-lagi saya dibuat bingung dan pusing dengan hukum fiqhnya -_-. Ah pusing banget deh. Dan keadaan psikis saya pun terganggu, saya mudah emosi, galau, nangis, karena hal-hal yang sepele. Ah keadaan badan juga gak enak banget. Nyeri sana sini, pegel-pegel. Pusing-pusing. Dan saya sangat bingung. Mungkin karena hidup makin pelik kali ya dan butuh kawan hidup kali ya, jadi saya makin makin setres dan makin rusak siklus haidnya, halah-_-
Akhirnya, saya beranikan untuk periksa ke dokter. Sebenernya sudah banyak teman dan sahabat yang menyarankan saya untuk konsultasi ke dokter. Karena saya sangat takut. Takut banget, nget, nget. Saya takut ada sesuatu didalam sana dan saya akan mati berdiri saat mengetahuinya-_- (lebay bgt). Akhirnya setelah saya browsing-browsing mengenai penyakit-penyakit yang mungkin dialami pada organ reproduksi perempuan. Saya yakinkan bahwa 'tidak' ada apapa yang aneh. Saya baik-baik aja dan dokter akan memberikan resep obat untuk memperbaiki siklus haid saya.
Baiklah, sahabat saya Dhanti menemani saya untuk ke dokter kandungan. Sebelumnya, Dhanti sudah memiliki pengalaman USG ke dokter, jadi sekiranya Dhanti dapat membantu saya hehe.
Di dokter kandungan kita baper sama ibu-ibu muda yang sedang hamil dan ditemani suaminya. Baper soalnya kita pengen -_-
Oke balik lagi ke masalah saya, akhirnya saya di USG. Baik, sebenernya bagi seorang gadis ini pengalaman pertama banget USG, pasti campur aduk rasanya, malulah, takutlah, apalah, apalah-_-
Akhirnya, jengjeng.
Tidak ada dedek bayi dalam rahim saya. (Ngawur, ya iyalah gaada). Maksudnya, tidak ada kista, ataupun apalah yang merupakan penyakit serius. Rahim dan ovariumnya baik baik saja disana. Alhamdulillah yaaaaaaak. Sangat amat lega deh...
Terus haidnya kenapa ?
Iyya, tidak lain tidak bukan masalah hormon !
Dan si dokter juga menyinggung badan saya yang kekurusan ! Hehe
Akhirnya diberilah resep Cyclo Progynova untuk 3 kali siklus haid. Hmm...
Ini pil KB kata dokternya. Terdengar menyeramkan, saya tanya-tanya bawel aja ke dokternya kenapa saya dikasih obat ini. Intinya obat ini akan memperbaiki hormon dan siklus haid saya.
Saya juga bertanya sama dokter.
"Dok, banyak gak sih perempuan seusia saya yang punya keluhan yang sama kayak saya ?"
Dan dokter menjawab, "banyak kok, banyak banget, jadi gausah terlalu khawatir"
Well, buat temen-temen yang punya keluhan sama kayak saya, jangan panikan kayak saya ya wkwk. Gapapa kok, tapi yakinkan dulu kalo temen-temen sudah konsumsi makan makanan yang sehat. Seperti rajin mengonsumsi sayur dan buah. Sedikit mengonsumsi msg, menghindari jajan jajanan yang kurang sehat, dll. Alhamdulillahnya saya memang suka sekali dengan sayur dan buah, dan saya cinta sama masakan rumah. Meski saya 3 tahun jadi anak kost, setidaknya saya masih dapat memilih apa yang baiknya saya konsumsi. Kalaupun jajan jajan diluar ya saya seimbangkan seperti ruti  minum susu beruang, selalu makan buah dan sayur, banyak minum air putih, ya gitulah.
Ohya, jangan takut buat konsultasi kedokter. Jangan sotoy deh langsung konsumsi obat-obatan gajelas. Karena justru hal tersebut akan memberikan resiko serius nantinya. Saya pernah sekali konsumsi obat pelancar haid, sekali dan saya menyesal karena gak ngefek juga, minuman seperti Kiranti, Miranti, dll juga sebenarnya kurang baik loh kalau terlalu sering dikonsumsi. Saya sih kadang masih suka minum jamu kunir-asem. Kalau lagi pengen biasanya rajin tiap pagi saya beli.
Nah saya diberi resep Cyclo Provynova oleh dokter, dikonsumsi sebanyak 3 blister untuk 3 kali siklus haid. Saat ini saya sedang konsumsi blister ke dua.
Awalnya saya kaget ternyata obat ini harganya lumayan mahal. Maklumlah anak kosan jelata. Shocked diawal pas nebus obat dengan harga Rp. 161.000 hehe. 
Pada bulan pertama langsung ngefek ke tubuh saya. Efek yang paling kentara saya rasakan itu pusing-pusing, pada minggu pertama saya konsumsi, badan gaenak banget kayak panas dingin gajelas gitu. Cuma, saya berasumsi karena ini bagian dari terapi hormon, hal berikut sangat wajar saya rasakan. Kemudian agak sedikit nyeri dibagian pd, sedikit doang kok hehe.
Saat habis 1 blister, prediksi hitungan haid saya pas banget. Ada 7 hari diharuskan istrahat konsumsi, nah pada hari ke 4 di hari istirshat, saya haid dan lancar banget, dan nyeri banget-_-, tapi nyerinya masih bisa ditahan kok, orang saya masih bisa jalan ke tanah abang , hehe. Nah di aturan pakainya, kita konsumsi pil pertama itu pada hari ke 5 haid. Pas banget, pada hari ke 5 saya haid saya konsumsi lagi deh blister ke dua. Padahal, pada blister pertama saya memulainya disembarang waktu, tidak pada hari ke 5 haid, karena memang siklusnya yang kacau balau, jadi gapapa dikonsumsi setelah diresepi oleh dokter.
Blister kedua saya beli di Kimia Farma dan harganya lebih mahal -_- Rp. 167.000 hufffffffft.
Nah, efek lain adalah secara psikis. Kayaknya saya gak kayak dulu lagi deh yang gampang emosi dll. Semuanya mulai normal. Dan efek seperti pusing-pusing, panas dingin, nyeri, udah gak terlalu terasa lagi nih pada blister ke dua. Sepertinya mulai ada perbaikan pada hormonnya hehe... Alhamdulillah ya...
Baiklah, semoga siklus haid saya normal setelah saya selesai mengonsumsi 3 blister Cyclo Progynova ini. Walaupun saya rada khawatir kalau nanti udah enggak konsumsi, eh balik acak-acakan lagi -_-
Tapi semoga aja enggak, hehe.

Untuk kelanjutannya ada disini

Komentar

  1. Kak waktu beli do kimia farma pakai resep tidak?

    BalasHapus
  2. Wah bagus juga nih infonya. Kok mba ngerasa kalo yang beli pil kb itu perempuan2 nakal sih?hehe..soalnya kalo aku masih gadis tapi diresepin pil kb,aku langsung inget ibuku,jadi berasa ibuk2😁😁..hahha..btw. Aku juga di resepin CP nih sm dokter untuk ngatur siklus mens aku yg terlalu pendek, pusing juga sebulan 2x mens, ga mens nya cuma kurang dari 2 minggu. Tapi kalo aku krn setelah melahirkan. Kalo di kamu bikin emosi stabil ya? Alhamdulillah..mudah2an di aku juga begitu. Thanksfor sharing ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee makasih banget ya kak mampir di blog aku, alhamdulillah kalau bisa bermanfaat...

      Hapus
    2. Saya juga lagi minum kasus nya sama bgt abis melahiran

      Hapus
  3. Dan akupun sama seperti itu mengalami siklus haid yg tidak lancar, dikasih resep obat ini juga, tadinya memang sempet kaget kok malah dikasih resep obat pil kb sedangkan saya masih gadis dan belum nikah dan sampai skrg obatnya blum diminum hehe tp stlah baca postingan ini mau memberanikan minum obatnya ��

    BalasHapus
  4. Dan akupun sama seperti itu mengalami siklus haid yg tidak lancar, dikasih resep obat ini juga, tadinya memang sempet kaget kok malah dikasih resep obat pil kb sedangkan saya masih gadis dan belum nikah dan sampai skrg obatnya blum diminum hehe tp stlah baca postingan ini mau memberanikan minum obatnya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyyah kak coba dituruti apa kata dokternya, gapapa kok banyak pula yang menghubungi saya lewat medsos saya yg saya cantumkan disini, ternyata banyak juga yg mengalami hal sama, jadi aku ambil kesimpulan hal seperti ini wajar terjadi, btw terimakasih banyak yah kak sudah mampir dilaman ini :)

      Hapus
  5. Kak, saya apakah ada efeknya buat badan makin melar? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya kak, saya juga merasa begitu kak, tapi karena aku emang badannya ceking, kurus, gak jadi masalah buat aku,,, btw makasih banyak yha kak udah mampit diblog aku :)

      Hapus
  6. Aku didiagosna menglmi gngguan hormon ya itu pada payu dara saya tidak tmbuh.. dan saya blum mmakan obat itu karna saya sdang mmglmi haid ke 3 hari.
    Saya msih bgngunh dstlah 5 hri haid saya dsruh makan obat itu .. dan itu dmakannya stiap hari smpe obatnya hbis atau di makannya pas dhari men aja.
    Klo obatnya satu sstrip hbis apa perlu beli lgi atau gk prlu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap hari smpai habis, tergantung dokter minta kamu minum berapa periode, kalau 2 atau 3 periode kamu harus beli lagi

      Hapus
  7. Sekedar berbagi pengalaman... sy jg siklusx gk jelas bgt.. waktu msh sekolah jg sering gk teratur.. makin kesini makin parah.. ketika 9 bln gk haid, ke dokter.. kata dokter ada kista2 kecil.. dikasih CP bwt 3 siklus.. dan saat kontrol ketiga, evaluasi pemakaian ketiga, dokter bilang sdh bersih.. tp setelah itu sempat rutin cm bbrp siklus.. dan skrg balik lg gak rutin.. bahkan sdh lebih 6 bln gak haid lagiiii... T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh, kak tapi kaka masih gadis atau sudah menikah ? sama kak saya juga kadang bisa telat gak haid sampe beberapa bulan, tapi gak sampai 9 atau 6 bulan juga sih kak, paling 2 bulan ajah...

      Hapus
  8. Mba mau nanya dong. Stlh 3 siklus minum CP apa masih telat2 terus atau sudah normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak bolehh, maaf ya baru balas, bisa dibaca di http://irmaayus.blogspot.com/2017/04/cyclo-progynova-part2.html

      Hapus
  9. Kak knpa nda bisa dibuka blog cyclo part 2 ?

    BalasHapus
  10. Kak knpa nda bisa dibuka blog cyclo part 2 ?

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Ka kalo minum obat itu harus di jam yang sama kah setiap harinya?? Misal kalo hari ini minum jam 7 pagi besok harus jam 7 pagi jg??

    BalasHapus
  13. Ka waktu Kaka mens abis minum Cyclone progynova ada jeda waktunya ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaada kak, ketika saya habiskan satu lembar cycloproginova biasanya saya akan haid, banyak sekali...

      Hapus
  14. Saya ibuk2 usia 42,bln feb '19 haidnya panjang sampai sebln,lalu k dokter dan d beri CP,stlh ku mnm alhasil haidnya berhenti ,stlh hr ke 2 berhenti mnm CP haid keluar lg dg volume yg banyak (ini msh 2hr haid byk)
    gimana ya,,,apa itu normal trjdi?mngkn mengalami jg ky saya skrg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. CP harus diminum secara rutin dan teratur bu, karena fungsinya untuk mengatur hormon, jika ibu minumnya ga teratur, hormonnya pun akan ikut tambah berantakan. Saya kurang tau normal atau engga, sejauh ini saya konsul sama dokter, karena saya gadis, dokter bilang itu hanya hormonal, dan biasa terjadi di banyak orang. Kalau kasus diibu mungkin berbeda lagi. Ada baiknya ibu menuruti apa yg disarankan oleh dokter ibu dan konsultasi dengan lebih banyak dokter lagi. Mohon maaf ya bu baru saya balas :)

      Hapus
  15. saya juga mengalami haid yang tidak teratur sudah 6 tahun dari kelas 2 smp :") pertama berobat dikasihnya primolut nah yang kedua (terakhir pastinya) diresepkan dokter minum di pil ini. bulan sekarang adalah bulan pertamaku lepas dari pil putih coklat ini. Semoga lepas selamanya yaa aamiin.

    untuk minum obatnya itu waktu yang sama ya kak Irmaayus?
    dan nantinya datang haid nya juga samaan setiap bulan kali malem ya malem kali siang ya siang. kalo saya gitu. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar kak,,,
      Saya juga sudah tidak teratur haidnya sejak SMA kelas 2. Sampai saya lulus kuliah, saya selalu berusaha hidup sehat, semoga sih gaada masalah yg berarti. Karena memang ini keturunan dari ibu saya. heehhehe

      Hapus
  16. Aku juga siklus haidnya tdk teratur, semenjak setelah menikah, pas periksa ke dokter di kasi cyclo pas habis 21 hari dan menunggu 1 minggu akhirnya haid pada bulan berikutnya tdk haid2 lagi, tdk tau sampai kapan bisa kembali normal, setelah 3 bulan tdk haid akhirnya aku beli cyclo lagi, apa bisa cyclo di konsumsi setiap bulannya, waktu itu sempat cari2 ke apotik dan dokternya bilng itu pil kb aku kagett dongg, kalau di konsumsi apa tdk mempersulit kehamilan

    BalasHapus
  17. Hallo kak, sy sekarang lagi minum CP., yg sy mau tanyakan pada tablet keberapa bru haid kak? Sy sdh di tablet ke 5 blm haid2 ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo ka, boleh minta kontak wa nya? aku mau sharing2 hehe

      Hapus
  18. Hai kak, aku juga pakai obat itu diresepkan sama dokter minum obat yg langsung warnanya coklat. Awalnya aku pernah ga haid sebulan (waktu desmber'19) lalu konsul kedokter dan dikasih resep dokter obat (tp bukan cyclo) obatnya mirip ky kb tp versi sehari 3kali minum dulu waktu sma pernah berantakan haidnya skrg balik lagi berantakan, nah dokter nyuruh untuk minum pil yg langsung berwarna coklat kata dia nanti diperkirakan obat ke 3 saat mau habis haid tp masih belum haid juga sampe skrg sisa 1, cuman awal minum sama nyeri dada dan kadang pusing. Biasanya akan terjadi haid itu setelah obat hbs berapa hari kak?

    BalasHapus
  19. Ada perubahan fisik.gak.kak? Misalnya makin sexy atau gimana ? Hehee

    BalasHapus
  20. Mau...saya juga haidnya belum lancar kak , tolong minta infonya tata cara minum obat tersebut
    Bisa share ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cyclo Progynova #part2

Yak... Ini lanjutan review yang pernah aku buat tahun lalu, yaitu mengenai Cyclo Progynova. Aku memang sengaja tidak ingin menulis kelanjutannya, tapi karena ada beberapa teman yang menghubungiku untuk menanyakan lanjutan ceritanya, maka baiklah, aku akan melanjutkannya. Well, sebenarnya aku memang malas melanjutkan untuk menulis cerita tentang ini, karena aku mengalami sedikit kekecewaan, aku malah takut orang lain yang membacanya malah ikutan kecewa, wkwk. Padahal kan pengalaman kita bisa berbeda. Jadi sebenarnya aku tidak mengonsumsinya sampai 3 blister. Aku berhenti ketika blister kedua habis, dan ternyata hal tersebut berdampak kurang baik. Aku mengalami flek-flek tidak menentu kadang ada, kadang tidak ada, dengan kurun waktu yang tidak bisa ditebak, seminggu ada, seminggu hilang, dan hal tersebut berlangsung selama sekitar satu semester alias 4 bulan, kira-kira selama aku semester 7. Jadi, aku selesai mengonsumsi blister kedua itu tepat saat setelah liburan lebaran

Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah

(essay ini saya tulis dalam memenuhi tugas mata kuliah Politik Islam) Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah ( Irma Ayu Sawitri – 1113015000092 – irma.ayus13@mhs.uinjkt.ac.id ) Syura             Kata syura memiliki pengertian yang sangat beragam. Sesungguhnya istilah syura berasal dari kata sy-wa-ra, syawir yang berarti berkonsultasi, menasehati, memberi isyarat, petunjuk dan nasehat. Pendapat yang lain mengatakan pula bahwa syura memiiki kata kerja syawara-yusyawiru  yang berarti menjelaskan, menyatakan atau mengajukan untuk mengambil sesuatu. Menurut Imam Syahid Hasan al-Banna Syura adalah suatu proses dalam mencari sebuah keputusan atau kesepakatan yang berdasarkan pada suara terbanyak dan berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan hendaklah setiap urusan itu diserahkan kepada para ahlinya demi mewujudkan suatu hasil yang maksimal dalam rangka menjaga stabilitas antara pemimpin dengan rakyat. [1]             Secara istilah penggunaan kata   syura menga