Langsung ke konten utama

Kehamilan (Part 1) : Belum Juga Telat

Memiliki kecenderungan haid yang enggak teratur membuat saya agak panik ketika mengetahui sebulan pernikahan tespack belum juga menunjukkan garis dua.

Masalah haid kembali datang. Flek, haid berkepanjangan, makin menambah keresahan saya. Saya takut, sulit hamil dan harus melakukan perawatan tertentu untuk mendapatkan kehamilan. Saat itu saya menjadi sangat mengidam-idamkan kehamilan. Asam folat sudah saya konsumsi dari sebelum menikah, semata-mata dilakukan untuk menyambut kehamilan.

Waktu itu, sebulan pernikahan saya tiba-tiba saya sakit. Demam tinggi, kepala pusing, badan semua sakit. Khawatir hamil. Saya testpack terus-terusan. Khawatir konsumsi obat-obatan. Sampai puncaknya ga kuat lagi nahan semua sakit. Akhirnya kedokter juga, ternyata ISK, demam karena infeksi, karena disertai anyang-anyangan juga. Mau minum obat juga masih parno. Testpack berharap hasilnya garis dua, ga peduli sama sakit dan harus minum obat. Tapi ternyata testpack masih menunjukkan garis satu, agak kecewa. Sisi positif nya bisa tenang minum obat-obatan resep dari dokter. Dan Alhamdulillah sakitnya mereda setelah 3 hari demam tinggi. Hiks.

Pada bulan kedua saya menikah, saya sedang haid. Ya, haidnya enggak lancar. Sudah hampir seminggu belum menunjukkan dia akan selesai. Masih sedikit-sedikit keluar darahnya, agaknya engga lancar. Waktu itu saya sedang menginap ditempat mertua. Kaka ipar saya dan keluarganya juga datang. Mereka sekeluarga minta diurut oleh 'tukang' urut langganan keluarga. Suami saya menyarankan saya untuk sekalian diurut aja, apalagi kemarin abis sakit, biar seger badannya.
Tibalah giliran saya diurut. Karena saya bilang sedang haid. Jadi urut badannya aja ya, hehe. Tadinya saya gamau diurut. Karena trauma dulu pernah diurut tukang urut tradisional, perut saya di teken-teken, gaenak banget. Hiks. Tapi kali ini ga diteken2 sama sekali perutnya. Bener-bener cuma badannya. Dan si ibu tukang urut tau semua loh saya abis sakit, demam, panas dingin, suka sesek napas. Hahaha hebat juga si ibu pikir saya. Diurut agak lama dan sampe kesakitan karena kata si ibu itu ada urat yang engga lurus dan udah kelamaan. Dan, abis diurut rasanya enak dan seger banget guys. Hahaha. Besokannya keluar darah haid banyak padahal itu udah seminggu saya haid. Tapi baru keluar darah haid lancar dan banyak. Rasanya seger banget badan kalau haidnya lancar begitu keluarnya. 2 harian darah haid jadi banyak dan lancar. Kemudian akhirnya berhenti tanpa flek berkepanjangan.

Dan, masyaAllah. Itu haid terakhir saya.
Setelah itu, sekitar 2 minggu setelah bersih dari haid saya merasakan perbedaan dalam tubuh saya. Saya masih terus konsumsi folavit 400mg saat itu. Karena saya sadar asam folat itu penting untuk kehamilan dan mempersiapkan kehamilan. Lanjut, perbedaan pada tubuh yang pertama saya rasa, saya merasa saya menjadi sering menelan ludah, dan mulut saya menjadi agak tawar/asam pokoknya ga biasa deh. Kemudian saya agak sedikit keram perut seperti ingin haid, sempet mikir apa saya akan haid lagi, padahal baru sekitar 2 minggu selesai haid. Kemudian, saya merasa agak mual, tapi saat itu semua masih normal, masih bisa makan seperti biasa.

Saya putuskan untuk testpack meski memang belum saatnya telat haid. Tapi dari pada penasaran, iseng-iseng mandi pagi sebelum berangkat kekantor, saya testpack. Dan hasilnya....
Garis dua, tapi yang satu garis sangaaaat samar... Hehehe.

Mendadak happy, bahagia. Walaupun emang masih samar. Saya share ke grup sahabat saya katanya iya kalau itu saya hamil. Huaaa... Langsung bangunin suami dan ngasih tau dia. Lalu kita berpelukan.

Berangkat kerja, saya pelankan motor saya. Yang biasanya sradak-sruduk. Sekarang nyantai aja jalannya. Lalu saya berterimakasih dengan haru pada calon janin yang mungkin saat itu bentuknya masih sel-sel yang sedang membelah hehehe. "Terimakasih ya anak mama, udah hadir disini, mama akan jaga kamu" dengan haru dan bahagia. Sambil kendarain motor, sambil doa-doa. Memohon keselamatan, mohon kesehatan, mohon lahirkan anak ini dengan sempurna, tidak ada yang kurang. Dan memohon kelak lahirkan anak ini menjadi anak yang sehat dan kuat.

Next, saya langsung beli vitamin hamil. Saya konsumsi vitamin itu, sesuai saran sahabat saya, Danti. Saya gak langsung periksa ke dokter. Menunggu 7 atau 8 minggi terhitung dari HPHT. Semakin hari, semakin tidak baik-baik saja. Saya makin merasakan mual. Dan sering mengantuk. Saya gabisa makan nasi. Saya juga gak bisa hirup wewangian. Mulai dari parfum suami saya, aroma tubuh dia, sampai sabun mandi, shampo, detergen, dll.

Pada trimester pertama kehamilan saya. Saya sering mandi gak pake sabun, dan keramas gak pake shampo hiks. Sumpah mual sekali kalau hirup wewangiannya. Awalnya, saya masih selalu bisa nahan untuk gak muntah. Pada suatu ketika suami saya demam, dan mengigau sepanjang malam. Saya bantu dia, saya kompresi dia, dengan keadaan saya sedang mual-mual. Dan itu sepertinya pertama kali saya muntah. Tapi muntahnya sedikit. Saya jaketin suami saya dan saya selimutin. Saya sampe tidur dilantai, karena gakuat mual cium aroma suami saya. Gak, dia sama sekali gak punya masalah bau badan, tapi saya beneran gabisa cium aroma tubuh dia, apalagi kalau dia pak parfum 😭😭😭.

Pagi-pagi subuh suami saya panik gaada saya disebelahnya. Ternyata saya tidur pulas dilantai cuma beralas sajadah dan enggak selimutan. Soalnya bedcover nya kan dia pake wkwk. Terus malah diselimutin pake bedcover sama suami saya. Saya itu udah tidur pulas, bangun-bangun malah udah diselimutin. Padahal dia yang lagi demam.

Tibalah saatnya saya kontrol untuk yang pertama kalinya. Datang ke dokter untuk melakukan USG. Karena belum tau klinik-klinik kehamilan terdekat. Saya pergi USG ke klinik USG Kosambi yang jauh banget di Bintaro. Kalau naik Grab sekali jalan 60rban. Pertama kali datang kebetulan salah jadwal dong. Hiks. Kita datang kliniknya tutup tidak ada dokter praktek. Padahal di IGnya diinfo ada jadwal dokter siang itu. Ternyata kesalahan informasi. Huaaaa. Kecewa banget udah jauh-jauh kita datang eh zonk hahahaha.

Akhirnya dihari berikutnya kita datang. Alhamdulillah kali ini ada dokternya yaaa. Akhirnya periksa setelah antre beberapa ibu-ibu hamil. Akhirnya, giliran kita. Pertama kali mau periksa hamil, degdegan. Khawatir kehamilannya gak normal, diluar rahim, atau dll. Dokter nanya sudah berapa minggu, terhitung dari HPHT saat itu sudah 7 mingguan. Dokternya tersenyum tipis, "coba kita liat ya udah keliatan belum", saya menimpali, "oh kalau 7 Minggu belum bisa keliatan ya dok?", "Hmm kalau yang perutnya tebel biasanya belum keliatan ya, coba kita liat", dann, sudah terlihat jelas, kantung hamil dan ada janin disana, detak jantungnya sudah bisa didengar, semua normal, Alhamdulillah, masyaAllah terharu dan bahagia. "Coba kalau ibunya batuk, dia akan gerak", lalu saya membatukkan diri haha, "uhuk" kemudian janinnya bergerak uget-uget lucu sekali. Dokter menjelaskan kembali, "ini bakal tangan, ini bakal kakinya, detak jantungnya normal ya bu, janinnya juga aktif bergerak, air ketubannya juga bagus, perut ibunya kecil jadi keliatan jelas ya semua". Alhamdulillah disaat itu lega dan bahagia, saya mengelus perut saya, sambil berdoa didalam hati, "sehat-sehat ya baby, mama bakal jagain baby, jadi anak baik ya nak, sehat dan kuat" dengan rasa lega juga karena saya diresepkan obat mual muntah, saya minum setelah pulang dari dokter. Saya bisa makan, mood saya berubah, saya menjadi lebih semangat.

Trimester satu berlanjut dengan gerd. Hah, saya sendawa terus-menerus gak bisa berhenti. Yang harusnya bisa menahan mual dan muntah, karena terus sendawa saya jadi tambah mual dan semakin gak bisa nahan muntah 😭. Saya cari tau boleh gak ibu hamil konsumsi obat maag. Ternyata di google bilang gapapa. Saya udah gakuat dengan gerd itu. Dan akhirnya saya konsumsi promag. Ternyata, promag udah ga mempan. Obat itu gak membuat saya berhenti bersendawa. Akhirnya saya berkonsultasi dengan kaka ipar saya yang seorang dokter. Beliau meresepkan ranitidine 2x1 untuk gerd saya. Dan barulah gerd itu mereda dengan obat ranitidine 😭😢.

Hingga akhirnya trimester satu berakhir. Besar harapan saya untuk tidak lagi mual-mual dan muntah-muntah. Tapi ternyata tidak. Memasuki trimester 2 saya masih konsumsi ondansetron untuk meredam mual yang saya rasakan. Saya gakmau muntah karena itu melelahkan. Tapi gak jarang, muntah gak tertahan dan ya sebelum obat diminum atau obat sudah diminum tapi saya tetep muntah hehe. Terlebih semakin besar perut saya ternyata maag dan gerd saya semakin parah. Hiks.

Teman, masih gak nyangka saya udah melewati trimester 1, kadang merasa waktu berjalan terlalu cepat. MasyaAllah... Kuasa Allah. Menghadirkan anak ini didalam rahim saya. Tak henti-hentinya berdoa untuk kebaikan anak ini.
Begitu juga dengan suami saya yang selalu bertanggung jawab dan memberikan yang terbaik untuk saya dan sang jabang bayi. Saya bersyukur dengan keluarga kecil saya ini.
Masih sering terharu kalau ingat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cyclo Progynova #part1

Ehem, kali ini saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya mengonsumsi Cyclo Progynova. Saya memiliki masalah dengan hormon. Secara fisik, badan saya tidak ideal memang, tinggi saya sekitar 160cm dan berat badan 42kg. Saya sangat tau bahwa berat badan saya tidak ideal, bisa dibilang sangat kurang. Tapi apalah dikata, saya memang sulit untuk gemuk. Hehe. Saya memiliki masalah dengan siklus haid. Sejak saya sekolah, haid saya sudah tidak teratur. Kadang lancar, kadang engga. Bulan ini haid lancar, bulan depan saya bisa enggak dapat haid. Atau saya pernah mengalami darah Istihadah. Selama sebulan full saya mendapati pendarahan serupa haid, dan hal tersebut sangat meresahkan. Saya galau sekali memikirkan hukum suci saya. Memang sih, kalau lebih dari 15 hari masih ada darah. Saya dikatakan wajib beribadah dan hukumnya sama seperti saya ketika suci. Tapi bagian paling merepotkan adalah ketika saya harus memastikan bahwa saya 'bersih' dan saya harus bersih-bersih sebel

Cyclo Progynova #part2

Yak... Ini lanjutan review yang pernah aku buat tahun lalu, yaitu mengenai Cyclo Progynova. Aku memang sengaja tidak ingin menulis kelanjutannya, tapi karena ada beberapa teman yang menghubungiku untuk menanyakan lanjutan ceritanya, maka baiklah, aku akan melanjutkannya. Well, sebenarnya aku memang malas melanjutkan untuk menulis cerita tentang ini, karena aku mengalami sedikit kekecewaan, aku malah takut orang lain yang membacanya malah ikutan kecewa, wkwk. Padahal kan pengalaman kita bisa berbeda. Jadi sebenarnya aku tidak mengonsumsinya sampai 3 blister. Aku berhenti ketika blister kedua habis, dan ternyata hal tersebut berdampak kurang baik. Aku mengalami flek-flek tidak menentu kadang ada, kadang tidak ada, dengan kurun waktu yang tidak bisa ditebak, seminggu ada, seminggu hilang, dan hal tersebut berlangsung selama sekitar satu semester alias 4 bulan, kira-kira selama aku semester 7. Jadi, aku selesai mengonsumsi blister kedua itu tepat saat setelah liburan lebaran

Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah

(essay ini saya tulis dalam memenuhi tugas mata kuliah Politik Islam) Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah ( Irma Ayu Sawitri – 1113015000092 – irma.ayus13@mhs.uinjkt.ac.id ) Syura             Kata syura memiliki pengertian yang sangat beragam. Sesungguhnya istilah syura berasal dari kata sy-wa-ra, syawir yang berarti berkonsultasi, menasehati, memberi isyarat, petunjuk dan nasehat. Pendapat yang lain mengatakan pula bahwa syura memiiki kata kerja syawara-yusyawiru  yang berarti menjelaskan, menyatakan atau mengajukan untuk mengambil sesuatu. Menurut Imam Syahid Hasan al-Banna Syura adalah suatu proses dalam mencari sebuah keputusan atau kesepakatan yang berdasarkan pada suara terbanyak dan berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan hendaklah setiap urusan itu diserahkan kepada para ahlinya demi mewujudkan suatu hasil yang maksimal dalam rangka menjaga stabilitas antara pemimpin dengan rakyat. [1]             Secara istilah penggunaan kata   syura menga