Langsung ke konten utama

Testimoni Jomblo ? #1

Yak, akhir-akhir ini aku jarang banget baca buku ahh jarang sekali membaca, dan sebenarnya aku rindu membaca, tapi bingung buku apa yang sekiranya nyaman aku baca sampai habis. Sewaktu PPKT kemarin beberapa judul buku aku pegang-pegang, ujung-ujungnya cuma beberapa halaman yang aku baca, hiks. Why ? Pengen banget baca, tapi belum nemuin buku yang 'klik'. Akhirnya aku baca-baca artikel diinternet aja.

Jadi setiap hari itu di search Instagram aku ada aja gambar anak-anak kecil lagi sakit parah. Ohya FYI aku suka banget ngestalk baby-baby gitu, yaa pokoknya suka aja, gak jarang aku juga ngestalk baby baby yang sakit parah gitu, akhirnya kepo dia sakit apa, caption yang ada digambar kadang kurang membuatku mengerti sebenarnya dia sakit apa dan lagi diapain karena banyak alat-alat yang dipasang, dikepalalah, dikakilah, dimana-mana ada selang, kepo banget, akhirnya aku googling hmmh, so, aku tau ternyata ada banyaaaaaaaak banget penyakit dan kelainan-kelainan bawaan lahir yang mungkin terjadi. Ada anak yang ususnya gak berfungsi, akhirnya hingga usia 2 tahun dia pake infus nutrisi karena gak bisa mencerna makanan solid, bahkan susu sekalipun, dan akhirnya dia gak bertahan karena banyak pembuluh darah yang beku gitu gara-gara sering pake infus, ada anak yang organ dalamnya itu bisa dibilang gak sinkron  jadi paru parunya kanan-kiri kayak paru-paru kiri semua, lambungnya yang harunya dikiri, ada dikanan, dll, banyak banget sampe ada anak yang lahirnya sehat sempurna eh dia kehilangan refleksi nafas gara-gara virus, jadi dia nafas pake alat. Gak sedikit juga anak-anak penderita kanker, kebanyakan sih kalau baby itu neuroblastoma, bisa diperut, dimukanya, kasian banget deh pokoknya.

Disini aku jadi mikir, wow. Saat terjadi kehamilan dan Tuhan menunjukkan kerja-Nya terang-terangan didepan mata manusia atas pembentukan janin, dan terjadi banyak kemungkinan disana. Disisi lain aku jadi takut gitu, (kok takut?) ya takut, gak kebayang kalau aku ada diposisi anak-anak itu, atau aku yang ada diposisi orang tua mereka. Aku jadi ngerasa ya Tuhan, ini lambung, usus, paru-paru, jantung, semuanya tak terhingga banget nilainya, gaada serepnya didunia.

Oke, lanjut ke judul, aku mau cerita soall Jomblo. Jomblo itu orang-orang yang mentalnya kuat guys, kenapa kuat ? karena mereka selalu di bully oleh adanya budaya pacaran -________-.
Padahal gak selalu melulu jadi jomblo itu yang gak enak aja kok, aku jomblo lumayan profesional nih, hahahaa.

Pertama, Sudah jomblo berapa lama ?
Perlukah aku ceritain berapa lama aku jomblo ? yahhh pokoknya lama deh, sumpah lama, kalau gak percaya kamu stalkingin aku ajah, kapan aku update tentang pacar, beneran susah dicari jejak aku pernah punya pacar, dan kalau kamu liat aku foto selfie sama cowok, itu sih biasanya sama teman-teman aku. Jadi jomblo bukan berarti kamu tertutup dan lain-lain, justru kamu itu bebas, bebas temenan sama siapa aja, ngobrol, diskusi, dan bercanda sama siapa aja, dll. Dan kesalahan karena budaya pacaran itu tadi, kalau kita punya temen lawan jenis, eh dibilangnya ada apa-apa, padahal kan gak begitu kenyataannya.

Kedua, Kenapa jomblo ?
Yap, karena belum ada yang klik dan takut.

Ketiga, Apa untungnya ngejomblo ?
Yah disisi lain suka di bully, jadi jomblo pun ada kok untungnya, yang pasti sih kesepian (hahaha-_-). Aku ini agak susah sih orangnya, dibilang aktif engga juga, mungkin itu juga sebab aku merasa kesepian. Lalu, walaupun aku ini ngejomblo gak semata-mata ngebikin aku jadi gampang dipacarin, karena bisa jadi kamu jomblo itu terdapat banyak pelajaran hidup, bukan berarti malah bertindak yang kurang benar, yakan ?
Kemudian, dengan aku jomblo, aku gak mudah bergantung sama orang lain, nah ini nih yang sering aku liat dari temen-temen yang pacaran, secara gak langsung jadi 'bergantung' gitu walaupun gak semua sih. Ya gimana aku mau bergantung, aku harus bisa selesaikan semuanya sendiri. Ketika teman yang punya pacar bisa minta disemangatin atau dibantuin waktu lagi mumet dan capek, sedangkan aku harus tetap berusaha memotivasi diri sendiri dan selesaikan semuanya sendiri. Kemudian ketika teman-teman yang punya pacar sedang lelah malas bawa kendaraan sendiri bisa dijemput dan diantar, sedangkan aku. mau lelah kek, mau enggak kek, harus tetap bawa motor sendiri kemanapun, Panas terik, macet-macetan, hujan badai, petir, banjir, ban bocor nuntun-nuntun motor sendirian, sampe yang ngantuk berat hampir mau pingsan udah pernah aku rasain dijalanan, kuncinya adalah tetap tenang dijalan walaupun sebenarnya takut banget, pas udah sampai rumah baru deh, ketakutan itu semua keluar, ngebayangin gimana jadinya kalau tadi ketimpa pohon, gimana jadinya kalau tadi ketabrak, gimana jadinya kalau tadi pingsan beneran-_________-. Dan besok pagi harus tetep berangkat lagi, yap it's okey.
Dari sana aku belajar untuk lebih mandiri, tapi sumpah, bukan berarti aku gak mau ada yang manjain, ada yang perhatiin, ada yang nganter dan jemput, tapi aku yakin, kelak pastii akan ada, dan karena perjuangan, suatu saat hal itu tiba itu akan istimewa sekali, karena dengan orang yang berusaha tuk ku istimewakan sedari sekarang. (ehem).

Kadang aku lucu, ketika ada teman yang baru patah hati dan ngejomblo, dia bilang "gw sedih, liat temen gw dijemput, sedangkan gw sendirian banget". Yah, aku sih udah kebal, aku pernah, naik busway bareng-bareng, pas sampai halte pemberhentian, teman aku dijemput pancarnya dan aku ngangkot sendirian. Hehehe... Lucu ya, lucu sih kalau inget. Kadang suka mikir, "ya Allah kapan ada yang jemput" wkwk.

Bebas. Menjadi bebas adalah bagian yang paling aku suka, yak bukan aku sombong nih, kalau aku mau pergi jalan, ada aja kok yang ngajakin dan ditraktir yang enak-enak. Tapi aku lebih banyak yang nolaknya, biasanya aku mau pergi sama temen cowo yang udah kenal lama aja. Karena aku susah ngerasa nyaman, adaptasinya kurang gitu kalau sama orang-orang baru, tapi gak selalu melulu juga setiap ajakan temen lama aku iyain, karena aku gak mau sih jadi kayak kebiasaan gitu, kebiasaan ena ena. Hahahaha. Ya intinya bebas mau balas chating siapapun, bebas mau gak balas chating sama siapapun, bebas mau pake baju gaya apaan aja, bebas mau selfie dan bercanda sama siapapun, bebas !

Keempat, Ngiri gak sama yang punya pacar ?
Ngiri ? hemmmmmm... Aku sih kepengen gitu punya temen yang gak capek dan gak bosen dengerin cerita dan ladenin aku cerita setiap hari, dan belom nemuin, kalau pun ada, tapi yah pupus, wkwk. Jadi orang pacaran itu kan suka cerita-cerita gitu, kepngen sih. Tapi kalau yang gak enak, males juga. Kayak gak boleh chating sama orang lain, mau ngapa-ngapain harus bilang, kalau gak bilang nanti marah-marahan, ah gitudeh, masalah-masalah sepele yang bisa bikin sakit hati. Kayanya males banget ngadepinnya, suka ngebayangin aja kalau dengerin temen curhat. Semoga nanti kalau aku udah punya, gak perlulah permasalahin hal-hal yang sepele, hemmm. (kalo ngomong emang gampang)
Tapi begitulah hidup, gak mungkin enak-enak mulu ya kan ?
Tapi, bagian paling aku bingungin dari orang pacaran dan orang jomblo adalah, selalu aja ada celah saling lempar enak enakan "enak lu jomblo", "enak lu punya pacar".
Jadi waktu itu aku bawa tasbih yang dipencet-pencet gitu, tau kan ?
Ada teman aku kebetulan dia emang punya pacar, lantas dia bilang "Ah gw gak pantes begini"
Loh aku kaget dong, cuma sekedar tasbih yang dipencet-pencet, semua orang tak terkecuali bisa kok, dan boleh ucap pujian dan sholawat, kenapa dia bilang begitu, lantas aku tanya, "lah ginian doang sih, kenapa gak pantes ? semua orang bisa", dia jawab "Ya gitu Ir, gw masih pacaran, ya gitulah"
wew, gak kepikiran sama jawabannya, disaat itu aku jadi merasa beruntung banget ngejomblo, karena aku gak berpikiran sebagaimana teman aku mikir begitu, walaupun sebenernya gak boleh loh merasa begitu, Tuhan terima kita dalam keadaan apapun kok. Aku jadi kebayang, mungkin kalau aku pacaran dari dulu, aku akan khilaf banyak hal ?
Ya walaupun gak semua juga sih, karena banyak teman aku yang punya pacar juga dan niat mereka baik kok, walaupun beberapa masih ada yang bilang "ah gw aja gak tau dia jodoh gw atau bukan", hufffft. Tapi semoga saja berjodoh ya, kasian aja udah banyak waktu dan uang yang terbuang, wkwk, peace.

Kelima, Pacaran itu bagaimana ?
Hemm, suka liat temen yang jalan, makan, kasih hadiah, aku juga pengen sih, siapa pula yang gak mau dikasih perhatian sama orang tersayang. Kadang aku suka ngebayangin, kalau aja aku punya pacar baik, banyak duit, pasti seneng banget ya, aku bakalan minta beliin buku melulu kali, wkwk.
Aku beda type sih, kalau aku punya pacar, mungkin aku ini type yang lebih suka ngebahas apa yang harus kita lakuin dan persiapin buat kedepan, dari pada senang sesaat dan senang yang semu gitu belum pasti, tapi gak tau juga sih karena aku kan gapernah, wkwkwk.
Yang jelas, pacaran itukan buat yang mau menikah.
Aku yakin kok, semua perjuangan itu akan terbayar, Jomblo juga perjuangan loh. Perjuangan menahan diri dari bullyan, wkwk
Aku sih gakterlalu masalahin orang pacaran, yang pacaran, biarlah mereka pacaran, bahkan banyak siswa aku waktu PPKT kemarin tuh pacaran, rasanya lucu aja liat mereka, karena masa Sekolah mereka itu bakal dikenang seumur hidup, jadi biarkan mereka mengalir mengikuti alur hidupnya, siapa yang tau, kalau fase pacaran mereka saat ini itu juga merupakan fase pembelajaran dalam hidup mereka.

So, ya jadi jomblo itu, anugerah. Karena hidup ini anugerah.
Pernah temen aku Gilang ngasih wejangan, waktu itu kita di bus waktu mau balik dari Dieng ke Jakarta. Dia bilang "jadi cewe itu, harus jaga hati Mae," aku nanya "Jaga hati itu gimana?" Gilang Jawab "Ya jaga hati, bayangin kalau lu gak pinter jaga hati, dan lu sering pacaran, waktu nanti lu nikah, kemudian lu undang relasi lu, terus lu ketemu mantan-mantan lu, lu pasti akan malu, kalau dulu lu pernah bilang sayang sama mereka, pernah cinta-cintaan, bahkan pernah menangisi mereka karena cinta, makanya sekarang lu perbaiki diri lu, dari yang paling sederhana kayak bantuin ibu masak dirumah" aku jawab "wow ya Gilang, bisa aja lu kalok ngemeng wkwkwk"
Tapi begitulah, ada benarnya pula apa yang dibicarakan Gilang, intinya segala keadaan saat ini pasti akan ada hikmahnya. Dan yang pasti lagi, kelak aku pasti akan dinikahi oleh orang yang aku cinta.

Jadi, please jangan bully aku, karena lebaran kali ini masih jomblo. wkwkwk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cyclo Progynova #part1

Ehem, kali ini saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya mengonsumsi Cyclo Progynova. Saya memiliki masalah dengan hormon. Secara fisik, badan saya tidak ideal memang, tinggi saya sekitar 160cm dan berat badan 42kg. Saya sangat tau bahwa berat badan saya tidak ideal, bisa dibilang sangat kurang. Tapi apalah dikata, saya memang sulit untuk gemuk. Hehe. Saya memiliki masalah dengan siklus haid. Sejak saya sekolah, haid saya sudah tidak teratur. Kadang lancar, kadang engga. Bulan ini haid lancar, bulan depan saya bisa enggak dapat haid. Atau saya pernah mengalami darah Istihadah. Selama sebulan full saya mendapati pendarahan serupa haid, dan hal tersebut sangat meresahkan. Saya galau sekali memikirkan hukum suci saya. Memang sih, kalau lebih dari 15 hari masih ada darah. Saya dikatakan wajib beribadah dan hukumnya sama seperti saya ketika suci. Tapi bagian paling merepotkan adalah ketika saya harus memastikan bahwa saya 'bersih' dan saya harus bersih-bersih sebel

Cyclo Progynova #part2

Yak... Ini lanjutan review yang pernah aku buat tahun lalu, yaitu mengenai Cyclo Progynova. Aku memang sengaja tidak ingin menulis kelanjutannya, tapi karena ada beberapa teman yang menghubungiku untuk menanyakan lanjutan ceritanya, maka baiklah, aku akan melanjutkannya. Well, sebenarnya aku memang malas melanjutkan untuk menulis cerita tentang ini, karena aku mengalami sedikit kekecewaan, aku malah takut orang lain yang membacanya malah ikutan kecewa, wkwk. Padahal kan pengalaman kita bisa berbeda. Jadi sebenarnya aku tidak mengonsumsinya sampai 3 blister. Aku berhenti ketika blister kedua habis, dan ternyata hal tersebut berdampak kurang baik. Aku mengalami flek-flek tidak menentu kadang ada, kadang tidak ada, dengan kurun waktu yang tidak bisa ditebak, seminggu ada, seminggu hilang, dan hal tersebut berlangsung selama sekitar satu semester alias 4 bulan, kira-kira selama aku semester 7. Jadi, aku selesai mengonsumsi blister kedua itu tepat saat setelah liburan lebaran

Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah

(essay ini saya tulis dalam memenuhi tugas mata kuliah Politik Islam) Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah ( Irma Ayu Sawitri – 1113015000092 – irma.ayus13@mhs.uinjkt.ac.id ) Syura             Kata syura memiliki pengertian yang sangat beragam. Sesungguhnya istilah syura berasal dari kata sy-wa-ra, syawir yang berarti berkonsultasi, menasehati, memberi isyarat, petunjuk dan nasehat. Pendapat yang lain mengatakan pula bahwa syura memiiki kata kerja syawara-yusyawiru  yang berarti menjelaskan, menyatakan atau mengajukan untuk mengambil sesuatu. Menurut Imam Syahid Hasan al-Banna Syura adalah suatu proses dalam mencari sebuah keputusan atau kesepakatan yang berdasarkan pada suara terbanyak dan berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan hendaklah setiap urusan itu diserahkan kepada para ahlinya demi mewujudkan suatu hasil yang maksimal dalam rangka menjaga stabilitas antara pemimpin dengan rakyat. [1]             Secara istilah penggunaan kata   syura menga