Langsung ke konten utama

Gulali 2016

Adik manis ini paling takut diomelin mama. Paling inget, kalau mau berkunjung kerumah orang suka dibilangin "kalo dirumah orang gaboleh rewel, kalo rewel gak diajak lagi nanti, gaboleh celamitan, harus kalem"
Dan kalo mau dikasih makanan atau uang sama saudara. Selalu nolak, geleng2 kepala, karena takut diomelin mama. Mama bilang gabole celamitan 
Anak ini juga pemalu banget, penakut, juga cengeng. Masih inget waktu umur 3 tahun diomelin mama gara-gara ngompol ditempat ngaji karena gaberani bilang mau pipis.
Juga cengengnya yang cengeng banget. Masih inget pertama kali dia masuk taman kanak-kanak. Excited liat permainan, paling suka ayunan. Tapi pengen coba perosotan. Pengen tau banget main prosotan. Ternyata eh ternyata tak semulus dipikiran. Naik keatasnya berhasil. Pas udah diatas ternyata dia takut ketinggian. Dan nangis sekejer mungkin manggilin mama. Masih inget banget dikatain sama anak-anak cowo nakal "ah ngalangin aja nih, cepetan turun, malah nangis"
Kata mamanya, dia lahir siang bolong, sekitar jam 1 siang, dan mama bilang anak yang lahirnya siang gitu biasanya penakut ?
Iya benar ternyata, Irma takut dalam segala hal, tapi karena keadaan, Irma bisa memaksakan diri untuk lebih berani.
Adik manis ini dulu paling suka mainan masak-masakan. Mamanya bilang, dia paling anteng kalo dikasih sisa sayur-sayuran, tempe, dll. Terus dikasih pisau tumpul, sama talenan. Bisa ditinggal masak dari awal sampe mateng tanpa repot.
Dia juga paling suka jajan gulali. Kalo belum sampe lidahnya sariawan belum mau berhenti beli gulali. Yah, palingan nangis kalo gak dikasih beli sama mama, udah gak dikasih, diomelin juga, yaudah nangis. Cengeng banget lah pokonya. Kalo udah nangis, suka mikir, kenapa mama galak, aku gakdibolehin ini itu, padahal temen-temen lain boleh-boleh aja, ya pemikiran anak kecil yang lagi galau 
Sewaktu sekolah, SD, SMP, kemudian SMA. Dia paling sulit berpisah lama sama orang tua. Sewaktu SD, dia diikut sertakan dalam acara (lupa acara apa) itu mengharuskan menginap di Puncak 3 hari 2 malam. Dan dia nangis waktu itu, itu kali pertama si Irma nginep dan pergi jauh tanpa orang tua.
Ehm, satu kesadaran bahwa sebenarnya sudah 21 kali anak ini melewati tanggal 3 Januari, sejak pertama kali ia menghirup udara, melihat cahaya yang lebih terang, juga mendengar suara yang lebih jelas. 9 bulan berlindung dibalik dinding yang kuat dan berpindah kedekapan yang hangat. Banyak yang sudah dilalui anak ini, hal yang buruk maupun baik. Hal yang salah juga berbagai pelajaran hidup untuk memperbaiki kesalahan yang lalu.
Bukan waktu yang masih sebentar, pun belum terlalu lama. Sadar, waktu 21 tahun berjalan tanpa terasa, dan masih mengingat kejadian-kejadian, bahkan perasaan yang dirasakan pada masa yang lalu.
Ah, cuma mau ucapin sama anak ini.
Selamat tanggal 3 Januari ya anak manis.
Yang sekarang ini banyak nama panggilannya mulai dari Mae, May, Ayu, cah Ayu, Maerot, Maemun, Dll-___-. Tapi nama panggilan dikeluarga sebenernya cuma satu, yaitu "Ir" dan dewasa ini, ternyata makin jarang orang-orang baru yang manggil "Ir" kecuali orang2 terdekat, kebanyakan temen lebih banyak mangil 'Ma' dari pada 'Ir', juga kalah sama nama-nama bekennya yang lain wkwk.
Jangan cengeng lagih yaah Ir, harus bisa lebih dewasa.
Belajar yang bener, biar bisa mengabdi dan bermanfaat bagi ummat. Belajar jadi anak baik-baik ya Ir, jangan males berdoa, jangan suka nuntut banyak hal, tapi banyak-banyak berdoa untuk kemaslahatan banyak hal.
Ir, jangan takut bermimpi, setiap hari orang tua berdoa agar kamu dapat menjadi seseorang bermanfaat kelak. Saat waktu mengantarkanmu pada saat yang sekarang, sadar bahwa belum ada yang kau kerjakan untuk menyicil mimpimu. Mungkin kau terlambat, tapi mungkin saja tidak. Jangan takut, dan merasa sendiri Ir. Ingat tiap mau berangkat, dan melangkah pergi dari rumah.
"Ir, bangun nanti terlambat"
"Yang ati-ati ya Ir"
"Ir kalo udah nyampe jangan lupa kabarin"
"Ir, kalo di sms dibalas dong"
"Ir, uangnya masih ada kan? Makan yang teratur"
Dan disaat pulang kerumah.
"Ir.. Cepetan makan dulu"
"Ir.. Kalo mandi jangan malem2"
Iya, cuma mereka yang konsisten dalam memperdulikan Irma. Dan hal tersebut hampir selalu mereka lakukan.
Dan yang mereka tau, 'Ir' nya sedang berjuang diluar sana.
Doa Ir pada hari ini,
Semoga semoga semoga. Allah sehatkan selalu lahir bathin kedua orang tua Irma, orangtua Irma yang sangat besar jasanya. Disehatkan pula lahir dan bathinnya Irma. Semoga Irma berhasil semuda mungkin. Selalu jadi alasan orang tua untuk bahagia dan berbangga. Dimudahkan jalan dan urusan Irma. Diindahkan dalam senyuman. Diceriakan hari-harinya, didewasakan jiwa dan kepribadiannya. Selalu ditempatkan ditengah-tengah kebaikan. Ya Allah, Irma mau ditemenin sama orang-orang pilihan Irma sendiri ya Allah. Ya Allah, diantara sekian banyak orang yang datang dan pergi, semoga 'dia' (Kau Maha Tau segala isi Hati) yang jadi obat hati, pelipur lara, pembunuh sepi, sahabat dunia akhirat, buat Irma. Aamiin.
(Buat yang baca, satu 'aamiin' berarti satu kado ultah buat Irma)
Yaudah jangan cengeng ah,
Besok kita beli gulali, kita beli yang ukurannya paling gede. Selalu ada waktu paling tepat untuk makan gulali, dan gak diomelin mama lagi, tenang aja Ir.
Seumur hidup Irma gak pernah kehilangan gulali kesukaan Irma. Setiap cinta sudah Allah bungkus rapih, tidak kurang, tidak lebih, juga tidak tertukar, dan cinta tersebut tersedia untuk para hati yang meyakini-Nya penuh-penuh.
Pokoknya sehat, senyum dan ceria terus yah Ir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cyclo Progynova #part1

Ehem, kali ini saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya mengonsumsi Cyclo Progynova. Saya memiliki masalah dengan hormon. Secara fisik, badan saya tidak ideal memang, tinggi saya sekitar 160cm dan berat badan 42kg. Saya sangat tau bahwa berat badan saya tidak ideal, bisa dibilang sangat kurang. Tapi apalah dikata, saya memang sulit untuk gemuk. Hehe. Saya memiliki masalah dengan siklus haid. Sejak saya sekolah, haid saya sudah tidak teratur. Kadang lancar, kadang engga. Bulan ini haid lancar, bulan depan saya bisa enggak dapat haid. Atau saya pernah mengalami darah Istihadah. Selama sebulan full saya mendapati pendarahan serupa haid, dan hal tersebut sangat meresahkan. Saya galau sekali memikirkan hukum suci saya. Memang sih, kalau lebih dari 15 hari masih ada darah. Saya dikatakan wajib beribadah dan hukumnya sama seperti saya ketika suci. Tapi bagian paling merepotkan adalah ketika saya harus memastikan bahwa saya 'bersih' dan saya harus bersih-bersih sebel

Cyclo Progynova #part2

Yak... Ini lanjutan review yang pernah aku buat tahun lalu, yaitu mengenai Cyclo Progynova. Aku memang sengaja tidak ingin menulis kelanjutannya, tapi karena ada beberapa teman yang menghubungiku untuk menanyakan lanjutan ceritanya, maka baiklah, aku akan melanjutkannya. Well, sebenarnya aku memang malas melanjutkan untuk menulis cerita tentang ini, karena aku mengalami sedikit kekecewaan, aku malah takut orang lain yang membacanya malah ikutan kecewa, wkwk. Padahal kan pengalaman kita bisa berbeda. Jadi sebenarnya aku tidak mengonsumsinya sampai 3 blister. Aku berhenti ketika blister kedua habis, dan ternyata hal tersebut berdampak kurang baik. Aku mengalami flek-flek tidak menentu kadang ada, kadang tidak ada, dengan kurun waktu yang tidak bisa ditebak, seminggu ada, seminggu hilang, dan hal tersebut berlangsung selama sekitar satu semester alias 4 bulan, kira-kira selama aku semester 7. Jadi, aku selesai mengonsumsi blister kedua itu tepat saat setelah liburan lebaran

Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah

(essay ini saya tulis dalam memenuhi tugas mata kuliah Politik Islam) Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah ( Irma Ayu Sawitri – 1113015000092 – irma.ayus13@mhs.uinjkt.ac.id ) Syura             Kata syura memiliki pengertian yang sangat beragam. Sesungguhnya istilah syura berasal dari kata sy-wa-ra, syawir yang berarti berkonsultasi, menasehati, memberi isyarat, petunjuk dan nasehat. Pendapat yang lain mengatakan pula bahwa syura memiiki kata kerja syawara-yusyawiru  yang berarti menjelaskan, menyatakan atau mengajukan untuk mengambil sesuatu. Menurut Imam Syahid Hasan al-Banna Syura adalah suatu proses dalam mencari sebuah keputusan atau kesepakatan yang berdasarkan pada suara terbanyak dan berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan hendaklah setiap urusan itu diserahkan kepada para ahlinya demi mewujudkan suatu hasil yang maksimal dalam rangka menjaga stabilitas antara pemimpin dengan rakyat. [1]             Secara istilah penggunaan kata   syura menga