Langsung ke konten utama

REMATA 2015

Ini kali pertama saya ceritakan soal IRMAFA, keluarga kedua saya di Ciputat. Irmafa (Ikatan Remaja Masjid Fathullah) adalah suatu organisasi yang berada dibawah naungan masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebenernnya ini bukan organisasi yang terlalu serius kayak UKM atau Politik kampus, cuma ya lumayanlah ya buat belajar dan perluas link.

Tahun angkatan 2015-2016 memasuki tahun ke-3 saya bergabung disini. Dan kemarin, tanggal 26 dan 27 Desember 2015 kita melaksanakan acara tahunan yaitu REMATA (Rekrutmnen Masa Taaruf) Ourdoor. Setelah sebelumnya kita selenggarakan Remata Indoor di Aula Masjid Fathullah.

Cari angin sambil berayun
Remata Outdoor kali ini berlokasi di Villa Alam Segar Sawangan Depok. Lokasi ini cukup recomended buat temen-temen yang mau buat acara rekrutmen, lokasinya luas. Kita sewa aula, villa, juga lapangannya. Aulanya cukup luas, disayangkan kamar mandinya hanya ada 2 di Aula, dilantai bawah dan lantai atas. Juga tersedia dapur dengan beberapa perlengkapannya. Lumayan kan kalau mau masak-masak gakusah bawa kompor gas. Airnya juga lancar. Aulanya juga lumayan luas. Juga lapangannya, mantep deh kalo mau outbond kotor-kotoran, plus ada air banyak soalnya lokasi ini juga lokasi pemancingan ikan, kalau perlu air untuk main outbond boleh lah diambil dikolam, biar ada amis-amisnya dikit. wkwk

Ada banyak keseruan di setiap acara remata baik Indoor ataupun Outdoor. Diluar kesibukan dan keribetan panitia dalam memegang acara, pasti tersimpan banyak sekali kesan bagi kita semua yang mengikutinya. Saya bertugas untuk memegang salah satu kamera milik masjid, kebetulan disini saya masuk kedalam divisi dokumentasi. Di divisi ini saya dekat dengan bang Mardi, bergantian memegang kamera dengan dia, dan berpartner dengan dia hohoho.

Mae dan Bang Mardi
Bang Mardi orangnya lumayan keras, tapi dia orang yang asik, 'abang' banget gitu wkwk. Dia juga jago banget main gitarnya.

Lanjut soal acara.
Pagi-pagi sekitar jam setengah 7, sebagian panitia sudah berkumpul. Ada beberapa panitia yang mengendarai motor. Termasuk saya, sebenarnya saya ada motor sendiri tapi saya sengaja tidak membawanya dan menitipkan motor dikost teman. karena saya khawatir ketika pulang saya terlalu lelah. Dan lagi males juga, karena lelah kemana-mana nyetang motor sendiri. hehe.
Saya dibonceng dengan Solihin, dia sebagai ketua OC dalam kepanitiaan Remata 2015. Ohiya, Remata kali ini mengusung tema RUSH (Remaja Unggul Sholih Hamasah).

Sesampainya dilokasi, panitia segera menkondisikan keadaan, memberi petunjuk-petunjuk untuk peserta, dll. Sedangkan saya sendiri memepersiapkan diri dan kamera untuk mendokumentasikan acara hehehe.

Acara pertama yaitu pembukaan, dan sambutan-sambutan. Setelah itu dilanjutkan dengan Materi Training Motivation yang dibawakan oleh kanda Agus. Tahun ini saya menikmati setiap acara remata, karena saya bertugas untuk mendokumentasikan acara. Tahun kemarin saya kurang menikmati karena saya berada di divisi konsumsi, ribet dibelakang layar hehe.

Setelah materi dari kanda Agus, kemudian dilanjutkan dengan Ishoma. Makan menjadi moment tersendiri buat kita, panitia akan selalu mendahulukan para peserta. Peserta makan, kita belum makan. Kalau kita sudah pastikan seluruh peserta kebagian makanan, baru panitia makan bersama-sama. Untuk makan siang, konsumsi untuk peserta dari catering yang disediakan oleh pihak Villa Alam Segar. Dan panitia, makan pake mie instant, dan lauk alakadarnya, tapi kita menikmati, karena kita juga laperrrr banget. wkwk.

(Untuk gambar diatas, itu bukan catering, kalau yang catering dikemas dengan sterofoam. Gambar diatas itu makan pagi, pada hari Minggu, yang dimasak oleh panitia.)


Setelah ishoma, dilanjutkan dengan materi Public Speaking oleh kanda Ircham. Kanda Ircham ini alumni sekolah Public Speaking Kahfi. Disini saya ngantuk sekali, gak tahan banget. Karena sudah 3 malam saya tidak dapat tidur pulas karena ada suatu alasan. Saya tidur dengan posisi duduk dan menyerahkan kamera ke teman saya dan akhirnya kamera dihandle oleh koord divisi Pubdekdok. Sumpah ngantuk banget, gak kuatttttt.

Setelah itu sorenya saya segar lagi, acara santai-santai. Ada pementasan dari Irmafa Akustik yang dibawakan oleh Kanda Jhovi, Kanda Agus, Bang Mardi, Aris, Bang Alwy, dan Nurfa, tugas saya ? jelas saya memotret mereka huhu.
Setelah itu, Peserta diminta untuk berkumpul bersama mentor untuk mempersiapkan iyel-iyel dan pentas dimalam hari nanti. Saya bercanda ria bersama sesama pengurus dan senior.



Sampai Magrib tiba, kita banyak waktu untuk siap-siap seperti mandi, dll. Saya sangat kegerahan dan saya nyolong start mandi duluan hahaha. Segerrrr,,,
Setelah Solat magrib dilanjutkan dengan membaca Qur'an bersama sampai memasuki waktu isya. Ketika itu perut saya lapaaarrrr, dan makan malam didahulukan untuk peserta. Hiks.
Setelah peserta selesai makan, jeng jeng. Ada nasi sisa peserta yang tidak habis, dan kita makan bareng, Saya, Uyun, Nabila, dan Ganis. Sumpah laper banget dan kita makan nasi sisa nikmat banget


Laperrrr
Dan ini dia kondisi teman-teman panitia dan senior hahaha...


Nah,,, setelah makan malam. Agendanya adalah pembukaan acara lagi namun acara dipegang oleh teman-teman dari Remata Rush. Diawali dengan pementasan Marawis. Setelah penampilan marawis, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar, atau inagurasi. Nah setelah pembacaan ikrar yang dipimpin oleh ketua umum Irmafa 2015-2016 Kanda Adi. Ada sedikit berbeda, ada beranteman-beranteman gitu, panitia acara membuat keadaan menjadi tegang. Hahaha... Tapi endingnya kurang bagus, udah capek-capek bikin keadaan tegang, eh di tutup gitu aja, tau-tau anak acara menutupnya begitu saja, intinya kita ngerjain temen Remata yang lagi ulang tahun. Padahal bisa dibuat lebih seru lagi tuh. hehe.
Setelah itu, dilanjutkan dengan pementasan oleh peserta remata. Disini sudah memasuki pukul 23.00. Dan saya sudah gak kuaattttttt breew. Saya tidur dehhh, hehe saya ke Villa dan tidur dengan tentram. Hahahahaha (ampuni saya saya sering gabut). Tepat pukul 12 malam, saya dibangunin oleh teman panitia, untuk rapat mempersiapkan pos journey. Huhu... Dan saya kebagian jaga pos Kemasjidan dan Keremajaan bersama Kanda Arya, dan Kanda Anis, kanda Anis disini beliau seorang laki-laki macho loh ya, wkwk. Tapi bukan Anies Baswedan juga.
Sebelum pos journey saya ikut kerepotan mencari lilin, wah saya keliling-keliling bolak-balik beberapa kali untuk mencari lilin yang belum tersedia. Seharusnya ini tugas anak Perlengkapan dan Acara ya. Tapi yasudahlah, olah raga dini hari.
Selama pos journey berlangsung, saya mencoba berperan menjadi senior yang judes, dan sok galak wkwkwk. Tapi yah saya gak terlalu jago sih ya kalo buat pura-pura. Hehe.

Selesai pos journey pukul 4 dini hari. Huah, itu saya sudah lemas sekali. Total jam tidur saya hari ini udah 2 jam ya. Waktu sore, sama malemnya jam 11 malem sampe jam 12. Selesai pos journey saya kabur kevilla. Saya langsung gelar selimut yang sengaja saya bawa, dan tidur dengan pulas. Karena saya harus persiapkan diri buat outbond hoho.

Lumayan, saya tidur 2 jam. Dari jam 4 sampai jam 6, kebetulan saya lagi berhalangan gak solat hehe.
Bangun-bangun langsung cuci muka, siap-siap, gak lupa pake lipstik (wkwk). Minum susu deh, sengaja memang setiap ada acara saya selalu bawa susu kotak. Temen-temen lagi pada senam, saya turun kebawah eh senamnya udahan.
Yasudah, lanjut persiapan untuk outbond.

Jeng jeng...
Outbond dimulai, yang jelas seru banget dong outbond kita. Ada beberapa pos, dan beberapa games seru. Salah satu penanggung jawab pos outbond adalah saya, saya dan bang Mardi memegang salah satu pos. Kita mempersiapkan alat outbond juga rintangan outbond. Gamesnya disebut dengan 'Flying Carpet'.

Saya menyediakan karpet dari banner bekas. Dibentuk persegi panjang, kemudian disisi-sisinya diberi tali rafia. Dan rintangan berupa tali rafia yang diikat pada pohon, saya ikat setinggi kira-kira sepaha saya. Ohya, plus gelas aqua bekas.
Aturan mainnya, anggota kelompok memegang setiap ujung tali rafia, kemudian. Isi gelas aqua dengan air, dan letakkan ditengah-tengah karpet. Pemain harus dapat mempertahankan gelas aqua tetap stabil dan sampai pada tujuan.
Pemain harus dapat melewati rintangan yang telah disiapkan, yaitu melewati bagian bawah tali rafia tanpa boleh menyentuhnya. Ohya kalau air dalam gelas aqua tumpah, maka pemain harus mengulang dari awal.

Saya menikmati sekali peran saya disini, haha. Walaupun sedikit dimodusin anak-anak. Padahal saya udah berusaha banget ya tampil jutek, tapi sepertinya mereka masih berani sama saya, hiks wkwk. Tapi gapapa, saya senang mereka mencoba mengakrabi saya.
Belum selesai semua grup melewati tiap pos, ada insiden yang diluar dugaan. Ada peserta disalah satu pos yang cidera. Saya sendiri kurang paham, games apa itu, karena sebelumnya saya belum pernah lihat.

Peserta yang cidera ini dari awal acara cukup aktif memang, dan dari kejauhan saya mengagumi antusiasnya dalam mengikuti serangkaian acara kita. Saya khawatir sekali dengan cidera yang dia derita.

Karena ada yang cidera, penanggung jawab outbond, mas Faur, langsung ngedown, khawatir sekali dengan peserta yang satu itu. Outbond seharusnya masih ada games puncak. Dan games yang satu ini saya jamin seru. Karena saya pernah ikut memainkannya. Didalam games ini kita bakal basah-basahan. Karena ada yang cidera, jadinya dicancel deh. Hiks.

Setelah outbond, kita istirahat, dan mandi.
Sampai dzuhur.
Setelah itu, ada acara demonstrasi departemen.
Setelah itu makan siang, dan kita bersiap pulang.
Sebelum pulang saya sempat berpesan kepada peserta yang cidera "janji sama saya setelah ini kamu datang ketukang urut, khawatir tambah sakit"
Dan dia menyaut "iyya kak"
Yang pasti masih banyak keseruan yang kita miliki. Kalau mau tahu lebih banyak bisa meluncur ke http://irmafa.org/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cyclo Progynova #part1

Ehem, kali ini saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya mengonsumsi Cyclo Progynova. Saya memiliki masalah dengan hormon. Secara fisik, badan saya tidak ideal memang, tinggi saya sekitar 160cm dan berat badan 42kg. Saya sangat tau bahwa berat badan saya tidak ideal, bisa dibilang sangat kurang. Tapi apalah dikata, saya memang sulit untuk gemuk. Hehe. Saya memiliki masalah dengan siklus haid. Sejak saya sekolah, haid saya sudah tidak teratur. Kadang lancar, kadang engga. Bulan ini haid lancar, bulan depan saya bisa enggak dapat haid. Atau saya pernah mengalami darah Istihadah. Selama sebulan full saya mendapati pendarahan serupa haid, dan hal tersebut sangat meresahkan. Saya galau sekali memikirkan hukum suci saya. Memang sih, kalau lebih dari 15 hari masih ada darah. Saya dikatakan wajib beribadah dan hukumnya sama seperti saya ketika suci. Tapi bagian paling merepotkan adalah ketika saya harus memastikan bahwa saya 'bersih' dan saya harus bersih-bersih sebel

Cyclo Progynova #part2

Yak... Ini lanjutan review yang pernah aku buat tahun lalu, yaitu mengenai Cyclo Progynova. Aku memang sengaja tidak ingin menulis kelanjutannya, tapi karena ada beberapa teman yang menghubungiku untuk menanyakan lanjutan ceritanya, maka baiklah, aku akan melanjutkannya. Well, sebenarnya aku memang malas melanjutkan untuk menulis cerita tentang ini, karena aku mengalami sedikit kekecewaan, aku malah takut orang lain yang membacanya malah ikutan kecewa, wkwk. Padahal kan pengalaman kita bisa berbeda. Jadi sebenarnya aku tidak mengonsumsinya sampai 3 blister. Aku berhenti ketika blister kedua habis, dan ternyata hal tersebut berdampak kurang baik. Aku mengalami flek-flek tidak menentu kadang ada, kadang tidak ada, dengan kurun waktu yang tidak bisa ditebak, seminggu ada, seminggu hilang, dan hal tersebut berlangsung selama sekitar satu semester alias 4 bulan, kira-kira selama aku semester 7. Jadi, aku selesai mengonsumsi blister kedua itu tepat saat setelah liburan lebaran

Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah

(essay ini saya tulis dalam memenuhi tugas mata kuliah Politik Islam) Syura, Ahlul Halli wal Aqdi, dan Bay’ah wal Mubayaah ( Irma Ayu Sawitri – 1113015000092 – irma.ayus13@mhs.uinjkt.ac.id ) Syura             Kata syura memiliki pengertian yang sangat beragam. Sesungguhnya istilah syura berasal dari kata sy-wa-ra, syawir yang berarti berkonsultasi, menasehati, memberi isyarat, petunjuk dan nasehat. Pendapat yang lain mengatakan pula bahwa syura memiiki kata kerja syawara-yusyawiru  yang berarti menjelaskan, menyatakan atau mengajukan untuk mengambil sesuatu. Menurut Imam Syahid Hasan al-Banna Syura adalah suatu proses dalam mencari sebuah keputusan atau kesepakatan yang berdasarkan pada suara terbanyak dan berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan hendaklah setiap urusan itu diserahkan kepada para ahlinya demi mewujudkan suatu hasil yang maksimal dalam rangka menjaga stabilitas antara pemimpin dengan rakyat. [1]             Secara istilah penggunaan kata   syura menga